Jumat, 18 April 2014

Nyontek, Siapa Takut?!




“Udahlah ti ngapain nyontek. Percuma aja kalau nilai kamu bagus, tapi nggak bisa apa-apa. Yang penting Titi sudah berusaha semaksimal mungkin!” Petuah dari  Mama dan Papa yang sudah diulang berkali-kali sampai mendekati hari Ujian Nasional. Aku pikir bener juga sih omongan mereka. Ngapain toh nyontek, kan belum tentu jawaban temen aku yang bener.

Matahari terbit dan tenggelam dengan kecepatan yang sangat tinggi, Tryout-tryout untuk menhadapi UN satu-persatu mulai dikeluarkan oleh dinas pendidikan. Mulai dari tingkat sekolah, sampai provinsi. Bagai amunisi yang tiada habisnya, soal-soal itu bermunculan bak hantu yang siap menikamku kapan saja.

Sejauh ini nilai-nilai tryout ku untuk pelajaran fisika masih jauh dari kata lulus. Padahal aku sudah mengikuti bimbingan belajar, tetapi program yang aku pilih adalah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, bukan bimbel untuk persiapan lulus UN. Alhasil aku tidak  terbiasa dengan soal-soal UN terutama pelajaran fisika. Aku mulai pontang-panting cari cara agar nilai fisikaku naik.

Kalau dipikir-pikir ngapain sih aku harus ngitungin berapa detik kelapa jatoh dari pohon? Berapa usaha yang harus dikeluarin untuk angkat barang? Berapa lama bunyi ngerambat sampe suaranya masuk ke kuping? Berapa gaya gesek ban yang dibutuhin biar nggak nabrak si nenek? Terus berapa perbedaan umur anak di bumi sama tantenya di luar angkasa? Huh peduli amat! Ngapain coba anak SMA disuruh ngitung begituan? Itu kan tugas profesor atau anak kuliahan jurusan teknik. Aku benci banget sama fisika, tapi puluhan bab fisika selama SMA harus aku kuasai semua kalau aku mau lulus UN.

Walikelasku pun mulai resah. “Ibu gak mau tau, pokoknya Ibu harus bicara dengan Orang-tua kamu. Gimana ini kalau nilai kamu kalau kayak gini terus, kamu mau lulus apa nggak sih?” si Ibu melirik aku dengan tajam.
“Yaa…. Mau lah Bu, ini nomernya….” Jawabku pelan, takut dengan lirikan si Ibu. Yah jangan ditanya bu, siapa sih yang mau nggak lulus? Gerutuku dalam hati.

Kondisiku semakin mirip TKW penuh derita. Mentalku kayak di jatohin ke tanah merah yang becek, terus ditiban batu besar dan bagaimanapun caranya aku harus bisa bangkit untuk tahlukin monster bernama ujian nasional yang selalu nempel di bayanganku. Headline Koran atau berita di tv kalau ada anak yang bunuh diri gara-gara takut UN aku anggap cuma angin lalu, aku nggak boleh contoh mereka.

Galaunya hati menghadapi UN semakin melanda, ditambah petuah seorang guru ditengah pelajaran.

 “Soal gampang kayak gini kalian harus bisa kerjain, jangan sampe deh di sekolah kita ada yang gak lulus, bikin malu aja. Nanti kalo diantara kalian ada yang kakaknya mau nikah, eh ngeliat adeknya nggak lulus UN malah gak jadi nikah. Nanti calon pasangannya bilang males ah adeknya gak lulus UN, keturunan keluarganya pasti kurang pinter! Aku langsung ngebayangin kedua kakakku yang batal nikah gara-gara aku gak lulus UN. Iiih amit-amit deh"

Faktanya emang jarang sih ada anak yang gak lulus UN. Bisa jadi se-Kabupaten cuma ada  satu orang. Dan anaknya itu bener-bener gak pinter, jarang masuk sekolah dan super duper males. Aku mikir kalau nggak lulus seleksi PTN kan banyak korbannya. Jadi misalnya aku gak diterima nggak bakal malu nantinya. Lagian kalo seleksi perguruan tinggi soal yang susah bisa di kosongin, nah kalau soal UN kan semuanya harus aku isi, terus kalau aku gak tau jawabannya mau ngisi pake apa? Minta jawaban dari langit?

Beberapa hari menjelang UN  desas-desus adanya kunci bocoran UN mulai beredar di kalangan siswa. Hampir dipastikan di setiap SMA ada oknum siswa yang memakainya. Waktu itu aku sempat bertanya ke teman ku yang pintar namun tetap mau memakai kunci bocoran. Dia santai menjawab kalo dia butuh nilai gemilang di ijazah. Duh penting banget apa punya ijazah bagus? Menurutku kalau pakai bocoran itu sama aja penipuan.

Ternyata aku juga gak lepas dari tawaran memakai kunci bocoran UN, sang ketua bocoran di kelasku yang biasa disebut “server” itu meminta aku untuk membayar patungan untuk bocoran UN.

Aku  menjawab ragu agak takut dijauhin sama temen-temen “Eh, aku gak pake!
“Kamu yakin Ti? ini kuncinya akurat loh!”
“Iya insyaAllah aku yakin!”                                 
“Nilai kamu aja nggak bagus-bagus amat, kita semua disini pake, udahlah ayok satu kelas kita kompak pake semua!”
“Nggak deh, aku mau coba sendiri…”

Capek membujuk aku untuk ikut, sang server bilang kayak gini di depan kelas.“Eh temen-temen perhatian semuanya! Aku tau, disini kan ada yang ogah-ogahan make kunci jawaban. Aku cuma menghimbau ke kalian semua. Kalian kan udah bayar, nah kalian bakal rugi kalau ngasih tau jawabannya ke orang lain yang nggak bayar. Kalo ada yang nanya jawabannya pas UN, ya kalian boleh aja sih kasih dikit  jawabannya. Dikit aja ya!”.

Wah omongannya itu bener-bener, dia pikir aku gak ikut kunci jawaban gara-gara aku gak punya uang buat bayar? Liat aja, aku nggak bakal nanya jawaban ke siapapun pas UN! Apalagi nyentuh bocoran jawaban UN sedikitpun! Aku langsung bersumpah dalam hati.

 Kali ini aku bener-bener nggak kuat, sekarang kondisi ku udah kayak warga pribumi korban romusha zaman Jepang. Walaupun sebentar, tapi sangat mematikan. Aku gak bisa nahan lagi semuanya sendiri, Aku curhat ke Orang-tua dan kaka tentang kejadian tadi di sekolah.

“Soalnya susah banget Ma, Pa. Titi takut gak lulus UN.  Temen Titi pada pake kunci bocoran UN, bahkan anak yang jaaaauh lebih pinter dari Titi”
Orang tua ku menatap iba “Emang Titi gak bisa dapet 5? Kalo nilai 5 itu udah lulus kan Ti?”
Kali ini aku nggak bisa ngasih banyak janji. “Gak tau Ma…” Suaraku mulai bergetar.
 “Mama Papa nggak nuntut nilai bagus kok asal kamu jujur dan belajar sekuat tenaga ya nak!”.
“Iyaa, Titi usahain….“

Hari itu juga orangtua ku langsung mencarikan guru privat fisika. Terbukti aku gak ikut patungan bukan karena ga punya uang, tetapi karena itu semua prinsip. Oke, aku nggak tau si “server” itu ngerti apa nggak tentang prinsip.Yang jelas itu penting banget buatku. Coba si server tau kalo bayar privat itu 7x lipat lebih mahal daripada patungan beli bayaran bocoran UN. Ah sudahlah dia nggak bakal ngerti.

Aku diminta untuk bermalam dirumah guru privat fisikaku. Tanpa banyak basa-basi begitu sampai dirumah beliau, aku langsung membuka tumpukan soal yang belum bisa gue aku pecahkan dirumah.

 “Jadi gini Ti, itung dulu beratnya terus dikali gravitasinya, ohya liat arah ditariknya ke kanan apa ke kiri. Kalo udah, itung juga gaya geseknya, jangan salah ya besaran sama konstantanya. baru deh abis itu di jumlahin semuanya!”
 Tatapan kosong “Hmmm…”
“Ti, ngerti nggak?”
Aku melemparkan senyuman sambil menggoyangkan kepala.
“Nggak ngertinya di bagian mana?”
“Duh kak, semuanya. Ulang dari awal yaa..”
Guru privatku menarik napas panjang “Oke, kali ini perhatiin baik-baik ya! Setiap bagian yang nggak ngerti langsung tanya kaka aja!”
“Siap kak!”

Dari sore sampe tengah malem aku masih terus berkutat sama soal-soal fisika. Pas aku mulai mengantuk guru privatku ngasih jus jambu dingin tengah malem agar mataku melek lagi. Gak lama kemudian aku mulai ngantuk lagi. Guru privatku memutar video yang menarik perhatian biar aku  bangun kembali, akhirnya aku melek lagi dan ngerjain soal sampai mau pagi. Selpas privat, sedikit-sedikit otakku mulai mendapat pencerahan tentang fisika.

Aku mempunyai target untuk menyelesaikan buku kumpulan soal UN lima tahun kebelakang dan prediksi UN untuk tahun sekarang. Ditambah kumpulan berbagai soal tryout dari berbagai macam bimbel, soal-soal dari kaka senior, dan  internet. Cara belajarku semakin bringas, Aku harus bejuang sampai titik darah penghabisan untuk mendapat predikat lulus SMA dengan jujur.

Agar targetku tercapai, rutinitas harian ku dimulai dengan bangun pagi buta. Sebelum sarapan aku ngerjain soal, disela-sela waktu sekolah aku juga mengerjakan soal. Konsultasi sana-sini tanya penyelesaian soal yang belum aku pahami, privat, sebelum tidur aku juga nggak lupa ngerjain soal. Bangun tengah malem tahajud lalu ngerjain soal, tidur lagi meluk soal, bahkan mimpi ngerjain soal. Selang libur sehari aku juga gak lupa maksa temen-temen yang pinter buat ngajarin. Temanku yang iba dengan kondisiku akhirnya menyanggupi untuk mengajarkan.

Hari UN akhirnya tiba juga, diawali dengan bahasa Indonesia di hari pertama. Ada yang nyimpen bocoran di bawah papan ujian, dalam kotak pensil, kaos kaki, bawah gesper, dalam baju, saku seragam, sela jepitan rambut, macem-macem deh akal mereka. Lucu banget, masa Bahasa Indonesia aja mereka make kunci jawaban?  Prihatin, tapi ah yasudah lah, capek emang kalo mikirin mereka terus.

Seiring daun-daun berguguran, bunga-bunga bermekaran akhirnya tiba juga di klimaks Ujian Nasional mata pelajaran fisika. Rasanya kayak udah sampe di puncak Mount Everest. Sekarang gimana caranya aku harus turun dengan selamat.

Temanku yang duduk di depanku membalikkan badan nggak tega harus ngeliat temannya yang super kacau fisikanya, harus menghadapi fisika seorang diri. “Ti, kamu baik-baik aja kan?”
“Iya aku baik, doain aja ya nanti lancar!” aku mencoba possive thingking.
           
Bel tanda soal dibagikan berdering, pengawas mulai membagikan kertas keramat itu untuk diselesaikan. Soalnya mirip sama tahun lalu, tapi angkanya diganti. Setelah meyakinkan diri, aku putuskan memilih sebuah rumus. Aku tetap ragu, tapi udahlah bismillah isi aja.

Aku membalik kertas ke halaman berikutnya, angkanya semakin keriting aja, mana kalo di itung komanya banyak banget. Keringet dingin mulai keluar, wajahku sudah memucat, mirip orang mules kebanyakan makan tape. Dorongan jahat dalam diri bermunculan udah, liat aja punya temen, dikit doang kok mumpung pengawasnya lagi ngantuk! Tapi niat itu segera ku tepis, wajah Mama, Papa, guru privat seolah muncul depan mukaku.


Bel tanda waktu mengerjakan usai akhirnya berbunyi, kertas jawaban ku sudah ditarik pengawas. Aku pasrah meninggalkan meja eksekusi soal. Kali ini aku hanya bisa berdoa.
***
Aku mematutkan wajah di depan cermin, dengan memakai jas putih dan berkalungkan stetoskop aku tersenyum. Rencana-Nya memang selalu indah. 

1 komentar:

  1. hmm.. luar biasa Siti :') cemungudh! :D
    sesekali singgah ke blog aku dunk, kasi kritik or saran gitu. hihi ~~

    BalasHapus