Minggu, 14 Juli 2013

cegah cegukan saat puasa



Hi! gue lagi ikutan acara #FLPMengguncangRamadhan nih, jadi di sekret FLP atau yang biasa disebut Rumah Cahaya ini puluhan anggota FLP Aceh lagi pada ngabuburit. Ngabuburit kita emang dikemas agak beda sama yang lain. Kita semua disini pada sibuk memijit keyboard laptop agar menghasilkan suatu tulisan yang berguna bagi yang membaca. Amiiin 

Nggomong-ngomong soal Ramadhan hal yang ada di benak kita pasti tentang puasa, tarawih, dan yang paling penting itu THR. Tapi daripada THR, buat gue ada yang lebih fenomenal setiap bulan ramadhan.
Inini yang menjadi problematika gue kalo bulan Ramadhan dari tahun ke tahun selain kehausan dan kelaperan yang mendera. Hal ini selalu menyapa gue satiap bulan Ramadhan tiba. Dari kecil sampe segede gini tetep aja gue menderita cegukan, entah di awal ramadhan, di tengah ramadhan, atau di akhir ramadhan. 
“Dut, cegukan itu tandanya mau dapet duit!”
“Ah yang bener kak?!”
“Percaya aja lu!”
“Zzzzzz…..”

Hal itu sedikit banyak mengganggu gue. Apalagi kalo lagi ngejar target tadarusan. Baru sebaris gue ngaji cegukan, lanjut lagi ngajinya cegukan lagi walhasil ngajinya nggak sesuai sama apa yang diharapkan. 
Nah karena penyakit ini, gue mau ngasih beberapa tips agar kalian nggak menderita cegukan atau dehidrasi pas puasa menurut pengalaman gue.

1.      Yang pasti minum yang banyak pas sahur.
2.      Jangan makan kerupuk karena kerupuk itu mengandung natrium dia itu menyerap air dalam tubuh.
3.      Jangan minum teh atau kopi pas sahur  karena kedua minuman itu mengandung zat deuritik bikin sering buang air kecil.
4.      Jangan coba-coba tidur abis sahur deh, karena kalo bangun itu biasanya langsung haus berat.
5.      Kalo nggak penting-penting banget jangan keluar rumah, apalagi kalau cuaca lagi panas.
6.      Walaupun lagi puasa kita harus tetap jaga stamina, tapi olahraga biasa aja jangan berlebihan.

Nah kalo udah ngelakuin tips-tips tersebut tapi masih menderita cegukan gue juga punya beberapa trik yang gue dapet dari beberapa temen dan lingkungan seputar masalah ini.

1.      Tahan napas beberapa detik.
2.      Minta orang untuk ngagetin.
3.      Alihkan perhatian biar lupa sama cegukan, nanti lama-lama juga ilang sendiri.
Hmmm kayaknya itu aja deh beberapa tips and trick yang gue kasih, kalo ada kesalahan dalam teori dan penulisan mohon maaf lahir batin yaa mumpung Ramadhan, selamat mencoba ^^

8 komentar:

  1. kiw. just blogwalking~
    jangan makan makanan bersantan juga ti katanya. biar nggak gampang haus.

    BalasHapus
  2. ooooh gituu...
    katanya-katanya orang sering bener loh.
    tengkyu erikaa info baru :D

    BalasHapus
  3. Siti..... kakak mengagetkan, hehe... melakukan salah satu trik di atas :D

    BalasHapus
  4. ka laras, nggak kaget kak (-_-) hehehe

    BalasHapus
  5. Eh, siti panggilannya gendut ya? *.*

    Btw kalo lagi cegukan pas puasa ada cara gampang. Tinggal tutup hidung aja. Jangan dibuka2 sampai magrib :D

    BalasHapus
  6. terserah pembaca mengartikan apa, bisa gendut, badut, medut wkwkwk
    ah gak percaya sama teori tutup idung sampe magrib

    BalasHapus
  7. kalo gitu kejedut aja. haha

    iya itu terbukti ampuh lo! jangankan cegukan, nafaspun juga bisa hilang :D

    BalasHapus
  8. kayaknya lebih cocok imut *#$$$#@
    yaampun bang, mau ngobatin cegukan apa menjemput ajal? napas ampe ilang -_-

    BalasHapus